Gazebo Kesekretarian HELPS Jember, Membangun Kedekatan Bersama Masyarakat

0
173

Oleh: Dwi Kirana LS (Anggota tim inti korda Helps Jember)

Kesekretariatan merupakan suatu aktifitas yang dilakukan oleh sekretariat. Aktiftas apa saja dari suatu jenis pekerjaan sekretaris atau dari beberapa orang yang membantunya. Definisi Sekretariat adalah organisasi yang tugas pokoknya melaksanakan berbagai kerja ketatausahaan.
Dan peran sekretariat dalam
melakukan aktifitas penunjang terhadap satuan organisasi lain, berguna memperlancar aktifitas pokok, dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Meninjau definisi serta peran dari sekretariat di atas, maka keberadaan kesekretariatan helpsharia di daerah, khususnya korda jember raya berfungsi dalam 3 hal, yakni :
Pertama, melakukan pembinaan sumberdaya kesehatan.
Kedua, mengasah skill sumberdaya kesehatan
Ketiga, koordinasi kegiatan di dalam ataupun lintas keorganisasian.
Pertanyaannya mengapa helpsharia korda jember raya menempatkan kesekretariatan pada gazebo?

Sebelum kepokok pertanyaan tersebut, hal yang perlu diketahui dulu tentang istilah kata Gazebo, yang berasal dari kata gaze (Inggris) artinya memandang, dan ebo (Latin) artinya ke luar, sehingga maknainya kurang lebih menjadi suatu tempat untuk memandang ke luar.  Helpsharia sebagai komunitas elemen lintas profesi yang berwawasan syariat Islam dalam mengurai dan menjawab persoalan keumatan dibidang kesehatan dengan memanfaatkan fasilitas gazebo dapat menjalankan 3 fungsi di dalam kesekretariatan, akan menjadi fleksibel dalam memelihara kedekatan internal anggotanya dengan masyarakat.
Sebut saja kasus malnutrisi, di jember terdapat 8000 anak menderita gizi buruk. Melalui fungsi koordinasi kegiatan lintas sektor, gazebo dapat menjadi protetipe  kawasan rumah pangan lestari dalam mendukung percepatan mengatasi gizi buruk, mendapatkan data atas penimbangan balita dan konsultasi kesehatan, serta penyediaan bahan gizi seimbang.[]

LEAVE A REPLY