Healthy Lifestyle; Kamu Sehat, Allah Cinta

0
277

Judul: Healthy Lifestyle; Kamu Sehat, Allah Cinta
Genre: Remaja non fiksi
Penulis: dr. Fauzan Muttaqien

Siapa yang ingin sehat? Nah, pasti banyak yang mengacungkan jari. Ya, pasti semua manusia
menginginkan kesehatan dalam tubuhnya—baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis.
Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, kita akan mudah beraktivitas dan yang utama agar dapat
beribadah dengan lancar. Agar kita lebih memahami bagaimana cara menjaga kesehatan,
membaca buku adalah salah satu bentuk ikhtiarnya. Nah, khusus bagi sebagian remaja, mengulik tentang ilmu kesehatan rasanya menjadi hal yang tidak biasa. Sebab, biasanya buku-buku kesehatan lain menyajikan bahasa yang kaku, jenuh, dan terkesan ‘menyeramkan’.

Namun, para remaja kini tidak perlu enggan lagi mencari tahu info kesehatan dari buku. Dr.
Fauzan Muttaqien menyulap bahasan tentang kesehatan menjadi buku yang ringan dibaca,
mudah diserap, santai dan gaul gaya bahasanya. Eitss, tapi pembahasannya juga tetap bernas, bermanfaat, dan bergizi untuk disimak dan diterapkan dalam keseharian, lho!. Selain itu, buku ini juga banyak menyisipkan gambar-gambar menarik dan lucu—baik dari desain cover maupun desain isinya. Ini menambah kesan buku bacaan yang ringan bagi remaja, meskipun isinya membahas seputar ilmu kesehatan.

Inilah dia, buku Healthy Lifestyle karya dr. Fauzan Muttaqien yang akan memberi ilmu tentang
menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Di buku ini, Penulis mengupas bagaimana human user
manual yang diajarkan Allah. Mulai dari mengupas trik sukses sehatnya Rasul dan para
sahabatnya, bagaimana ibadah-ibadah dalam Islam yang membuat kita tambah sehat, bagaimana makan yang benar, olahraga yang benar, sampai olahraga hati serta pikiran agar kita bisa sehat, dan lainnya.

Ya, trik sukses sehat Rasulullah saw. dan para sahabatnya, dipaparkan langsung oleh Penulis di awal bab buku ini. Ternyata, Rasulullah saw. itu hanya pernah mengalami 2 kali sakit selama hidupnya. Pertama, sakit ketika menerima wahyu pertama. Kedua, sakit di saat jelang berpulangnya ke Rahmatullah. MasyaAllah, hebat ya Rasulullah dalam menjaga kesehatannya.

Ada beberapa hal yang dilakukan Rasulullah agar kesehatannya tetap terjaga. Nah, hal inilah
yang mestinya kita teladani. Di antaranya, Rasulullah selalu menjaga kebersihan tubuh maupun hatinya, beribadah dengan ikhlas dan benar, mengonsumsi makanan sehat dan hanya makan ketika lapar lalu berhenti sebelum kekenyangan, sering berolahraga khususnya memanah, serta masih banyak lagi trik sehat ala Rasulullah yang bisa kita temukan di buku ini.

Selain itu, ada hal menarik yang diungkap Penulis di buku ini. Ada beberapa ibadah yang dapat
menyehatkan manusia. Salah satunya adalah sholat tahajjud. Nah, ternyata dengan melakukan sholat tahajjud dapat membantu kita untuk menghindarkan diri dari penyakit. Seperti Hadits yang diriwayatkan at-Tirmidzi di buku ini, bahwa shalat tahajjud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit. Dengan terhindarnya dari penyakit, berarti sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Namun perlu digarisbawahi juga, agar sholat tahajjud benar-benar berbuah hikmah kesehatan, kita harus menjalankannya dengan niat tulus, ikhlas, dan dilakukan dengan ritme yang benar. Di pembahasan ini, Penulis juga menerangkannya dari pandangan medis.

Pada keseluruhan isi buku ini, Penulis mengungkapkannya dengan seimbang. Ya, seimbang karena membahas kesehatan dari sisi syari’at maupun dari sisi medis. Salah satu contohnya, Penulis menyisipkan Hadits dan ayat al-Qur’an yang berkenaan dengan bahasan dan fakta-fakta yang dijelaskannya secara medis. Jadi, buku ini hadir di tengah-tengah remaja tidak hanya untuk mengedukasi soal kesehatan secara medis saja, tapi sekaligus memberi pemahaman ilmu agama tentang kesehatan itu sendiri.

Pembahasan penting dan menarik tentang bagaimana makan yang benar, olahraga yang benar, sampai olahraga hati serta pikiran, dan lainnya juga dapat kita temukan selengkapnya hanya di buku Healthy Lifestyle. Menjadikan sehat sebagai gaya hidup, dapat memudahkan kita untuk menjaga kesehatan itu sendiri. Yuk, terapkan gaya hidup sehat dan jadikan healthy sebagai lifestyle. Healthy Lifestyle, kamu sehat, Allah cinta!

LEAVE A REPLY