Gurita Kapitalisasi Kesehatan

0
2274

Dr. Ferryal Basbeth, Sp.F DFM dalam seminar dan launching buku ‘menggagas kesehatan Islam’ yang diselenggarakan oleh HELPS menyebutkan betapa carut marutnya masalah kesehatan di Indonesia.

Kepala bagian Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal FK Universitas Yarsi tersebut menyoroti berbagai aspek. Mulai dari pendidikan kedokteran yang seakan menjadi sumber cari duit oleh yayasan sehingga tidak memperhatikan mutu pendidikan. Begitu juga sistem JKN yang diselenggarakan BPJS, yang masih banyak menimbulkan masalah baik bagi pasien maupun tenaga medis itu sendiri.

“Dokter di era kapitalis dianggap sebagai motor bagi kesehatan yang hanya sebagai industri” ulas beliau.

“Dia sendiri dihantui oleh gurita masalah mulai dari industri farmasi dan vaksin, permasalahan sampah peradaban, kapitalisasi pengurusan STR/SIP, SKP, iuran macam-macam, tuntutan kerja, lifestye, hingga masalah dokter online”

“Belum lagi kalau kita bicara di sektor hulu, yakni pendidikan… betapa masih bertumpuknya masalah di pendidikan kedokteran… Ini menjadi tugas besar kita untuk membenahinya” pungkas beliau.

Sebagaimana diberitakan, 23 Juli 2017, bertempat di gedong joang 45 Jakarta Pusat, HELPS mengadakan silah ukhuwah nasional tenaga kesehatan muslim. Acara yang mengusung tema “Peran Tenaga Kesehatan Muslim untuk Kebangkitan Umat” itu dihadiri ratusan peserta tenaga kesehatan dari Aceh hingga Papua. Beragam acara mewarnai perhelatan akbar tersebut, mulai dari talkshow bersama tokoh-tokoh kesehatan yang menginspirasi, seminar menggagas kesehatan Islam, launching buku, hingga tausiyah dari ulama untuk tenaga kesehatan.[]

LEAVE A REPLY