Profil HELP-S

HEALTHCARE PROFESSIONALS FOR SHARIA (HELP-S)
Hidup sehat, Sebar Rahmat dengan Syariah

Apa itu HELP-S?

HEALTHCARE PROFESSIONALS FOR SHARIA atau disingkat HELP-S Merupakan jaringan tenaga kesehatan profesional muslim yang aktif di tengah-tengah umat melakukan aksi, edukasi dan menawarkan solusi ideologi Islam dalam bidang kesehatan dan berperan serta menyokong diterapkannya syariah dalam seluruh aspek kehidupan.

Kenapa perlu HELP-S?

Banyak problem yang menyangkut masalah kesehatan di negeri ini. Seperti masih tingginya angka kesakitan di negeri ini, mahalnya biaya kesehatan, problematika pendidikan kesehatan, termasuk berkembangnya berbagai macam masalah kontemporer yang harus didudukkan hukum fiqihnya. Problematika bidang kesehatan ini pada dasarnya hanya merupakan salah satu cabang dari berbagai problematika yang ada yang berakar pada ditinggalkannya Ideologi Islam. Sehingga sebagai problematika cabang, penyelesaiannya pun akan bersimpul kepada solusi utama, yaitu kembali pada Islam.

Tenaga profesional kesehatan muslim sudah saatnya turut berkontribusi menyelesaikan beragam masalah ini. Diperlukan adanya kesatuan visi dan gerak untuk menyelesaikan berbagai program tadi. Kami berusaha mempersatukan visi para tenaga kesehatan untuk turut peduli masalah umat dan menyadarkan mereka pentingnya usaha penegakan syariah dan keharusan mereka berperan di dalamnya.

Apa tujuan HELP-S?

HELP-S memiliki visi menjadi rujukan umat dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan dalam tataran ideologi Islam

Apa saja yang dilakukan HELP-S?

Untuk mencapai tujuannya, HELP-S melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Melakukan berbagai kajian, baik kajian problematika dan kebijakan kesehatan yang ada di negeri ini dan berusaha memberikan solusi Islam atasnya atau kajian berbagai masalah fikih kesehatan kontemporer.
  2. Menjalin kontak ke lembaga-lembaga kesehatan dan para profesional kesehatan untuk turut berkontribusi dalam rangka penegakan syariah.
  3. Lewat media, baik cetak maupun online melakukan edukasi ke masyarakat mengenai kesehatan praktis maupun solusi Islam dalam permasalahan bidang kesehatan.
  4. Melakukan edukasi kesehatan Islam terhadap umat, baik sesama tenaga profesional, mahasiswa kesehatan, maupun masyarakat awam melalui berbagai kegiatan, baik kegiatan ilmiah (seminar, pelatihan, simposium, diskusi, dll) atau kegiatan sosial (pengobatan massal, penanganan bencana, dll).

Siapa saja anggotanya?

HELP-S berisikan ratusan tenaga profesional kesehatan muslim laki-laki atau perempuan meliputi dokter umum dan dokter spesialis, dokter gigi, dokter hewan, perawat, bidan, apoteker, analis kesehatan, fisioterapis, radiografer, ahli kesehatan masyarakat dan lainnya yang memiliki kepedulian terhadap masalah umat Islam.

Bagaimana kepengurusannya?

Kepengurusan HELP-S terdiri dari Dewan Penasehat yang terdiri dari para ulama dan tokoh masyarakat, Dewan Pengurus Pusat (Ketua Umum, Ketua-Ketua bidang, Sekretaris Jenderal dan wakil sekretaris jenderal, dan bendahara), serta Dewan Pengurus Wilayah.

Dimana alamat Kantornya?

Pengurus Pusat HELP-S beralamatkan di Jl. Tebet Timur Dalam I no 1 Tebet Jakarta Selatan Telpon: 02183793774.

Kejauhan…. Dimana saya bisa bertemu dengan HELP-S?

Anda bisa mengakses HELP-S lewat media-media online kami.
Website: www.helpsharia.com
Email : helpsharia@gmail.com
Fanpage FB : helpsharia
Youtube channel : helpsharia
Instagram : helpsharia

HELP-S juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan memiliki perwakilan luar negeri. Anda bisa menghubungi anggota-anggota kami secara langsung melalui nomor kontak yang tersedia.

 Layanan apa yang diberikan oleh HELP-S yang dapat saya manfaatkan?

HELP-S bukan lembaga pelayanan kesehatan praktis, meskipun anggotanya merupakan tenaga kesehatan yang aktif sehari-harinya dalam berbagai bidang pelayanan. Kami memberikan bantuan dalam hal:

  1. Kerjasama kajian/diskusi tentang kesehatan islam baik lewat media maupun pertemuan langsung
  2. Narasumber untuk berbagai event kesehatan Islam baik skala nasional maupun lokal
  3. Kerjasama untuk edukasi masyarakat bidang kesehatan dalam berbagai bentuk.
  4. Kerjasama media kesehatan.
  5. Kerjasama dalam aksi tanggap bencana.

Apakah saya bisa bergabung dengan HELP-S?

Bisa. Kami menerima keanggotaan tenaga profesional kesehatan baik laki-laki maupun perempuan muslim sepanjang mau terikat dengan aturan organisasi

Saya masih mahasiswa kesehatan, apakah saya juga bisa bergabung dengan HELP-S?

HELP-S memiliki jaringan bawahnya yang bernama HELP-S muda, terdiri dari mahasiswa-mahasiswa kesehatan yang memiliki visi dan misi serupa menunjang kinerja HELP-S.

Saya seorang pasien atau keluarga pasien yang kebingungan mengatasi permasalahan kesehatan saya. Dapatkah HELP-S membantu?

Secara praktis kami tidak menyediakan. Tetapi untuk konsultasi kesehatan praktis kami menyediakan layanan konsultasi kesehatan online. Pengelola akan menghubungkan dengan ratusan tenaga profesional kami dari beragam keahlian yang siap membantu anda.