RSD Subandi Jember bekerjasama dengan HELPS melaksanakan “Seminar Implementasi Hijab Syar’i di Pelayanan Publik”

0
68

Siapa bilang peringatan hari kartini mesti dengan lomba Kebaya, berkonde dan makeup yg tebal? Istimewa, kali ini justru RSD Soebandi bekerjasama dengan HELPS melaksanakannya dengan cara yang lain.

Jumat, 20 april 2018, bertempat di gedung Alumni RSU dr Subandi Jember terselenggara seminar yang mengangkat tema “implementasi hijab syari di pelayanan publik”

Acara dibuka langsung oleh Dr. Hendro Sulistijono MM.,M.Kes,. MARS selaku Direktur RSU Subandi Jember, setelah sambutan ketua BKKI dan drg. Nafisah,. MARS. Selaku ketua Panitia seminar PHBN hari Kartini.

“Muslimah yang sudah memiliki kesadaran tentang berbusana wajib dengan berhijab syari saat berdinas baik di lingkungan rumah sakit dan di ruangan termasuk ruang operasi sekalipun dipersilahkan” tutur dr. Hendro. Bahkan saat menerima delegasi dari HELPS sebelum acara berlangsung beliau menyatakan akan menginformasikan hal ini agar sampai di tempat pelayanan, dengan dibuatkannya surat edaran direktur melengkapi peraturan yang berlaku dengan berhijab syari.

Pemateri pertama,dr. Ratna Wijayanti Sp.S, (HELPS Ngawi, dokter spesialis saraf RSI Ngawi) menyampaikan materi “Pakaian muslimah dalam tinjauan syari” sedangkan pemateri ke dua, Ari Kurnianingsih Apt. M.Farm. Klin (HELPS Jember, RSD Banyuwangi) menyampaikan materi “Tren masa kini Hijab Syar’i di Instansi Pelayanan Publik”. Dari pemaparan beliau berdua dapat ditarik kesimpulan bahwa hijab syar’I merupakan aturan yang bukan saja boleh dan tidak bermasalah untuk digunakan di bagi profesi kesehatan di tempat kerjanya, bahkan dia merupakan bentuk ketaatan seorang hamba kepada Rabb-Nya.

Seminar yang dihadiri 200an peserta, baik dari kalangan dalam petugas kesehatan Rumah Sakit maupun dari umum seperti dosen, mahasiswa dan lainnya tampak antusias dan tenang mengikuti materi dari awal hingga acara diskusi. Semoga acara serupa dapat dilaksanakan di tempat-tempat yang lain, dan semoga tidak ada lagi diskriminasi bagi wanita-wanita yang ingin taat pada agamanya dengan mengenakan hijab syar’i. Barakah bagi RSD Soebandi yang telah menginisiasi! (Fitri, dkk)

LEAVE A REPLY