HELPS Bangkinang: Layanan Kesehatan Islam mewujudkan Vaksinasi yang Rasional

0
65

Helps helpsharia.com – Road show 20 kota telah sampai di Bangkinang kabupaten kampar provinsi Riau. Kali ini helps menggelar seminar kesehatan Islam dengan tema Vaksinasi, ya atau tidak. Acara diselenggarakan pada tanggal 20 januari 2018 bertempat di aula gedung guru, jln DI Panjaitan Bangkinang kota.

Seminar dihadiri oleh lebih dari 125 peserta khusus muslimah yang terdiri dari dokter, bidan, perawat dan para kader posyandu dari berbagai desa dan kecamatan di kabupaten kampar. Acara berjalan lancar dan peserta yang hadir tampak semangat mendengarkan pemaparan materi yang disampaikan oleh  narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Narasumber pertama yaitu Dr. Faradila Halusia, M. Ked (ped) Sp. A (dokter spesialis anak RSUD Bangkinang), beliau memaparkan tentang vaksinasi ditinjau dari pandangan medis. Menurut beliau vaksinasi merupakan tindakan preventif yang bertujuan membentuk imunitas protektif spesifik bagi penerima vaksin dan secara medis terbukti bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Narasumber kedua yaitu Dr. Wiwik Rahayu, M.kes (Dosen Farmakologi FK Universitas Riau, Helps Riau), beliau memaparkan tentang vaksinasi dalam pandangan Islam. Menurut beliau tindakan vaksinasi harus dikembalikan kepada hukum Islam (syariat islam) yang mengatur tentang vaksinasi. Beliau memaparkan berbagai dalil terkait hukum2 vaksinasi dan menekankan bahwa vaksin merupakan hasil sain dan teknologi yang tidak ada kaitannya dengan aqidah atau pandangan hidup tertentu, sehingga boleh dikembangkan dan dipakai oleh siapapun. Dr. Wiwik juga menyebutkan bahwa penyabab Irrasional vaksin ataupun gonjang ganjing vaksinasi ditengah masyarakat saat ini adalah akibat dari kapitalisasi dibidang kesehatan diantaranya kapitalisasi vaksin, oleh sebab itu solusinya adalah dengan menerapkan Sistim Islam yang dipastikan mampu menangkal dominasi kapitalis. Dengan diterapkannya Islam akan terwujud vaksinasi yang Rasional bahkan pelayanan kesehatan yang rasional.

LEAVE A REPLY