Roadshow HELPS Sorong, Papua: HIV/AIDS dan liberalisasi Kesehatan

0
1259

helpsharia.com – Ahad, 3 Desember lalu HELPS menyapa warga timur Indonesia, tepatnya di Sorong, Papua. Masih dalam besutan agenda HELPS roadshow 20 kota, HELPS wilayah Papua menggelar seminar kesehatan dengan mengetengahkan tema HIV/AIDS dan Liberalisasi Kesehatan. Bertempat di Aula RS Selebesolu Sorong, puluhan profesional kesehatan berhadir menyimak paparan para narasumber.

Acara yang dipandu moderator, dr. Syarifuddin, SpPD, koordinator HELPS Papua, diskusi berlangsung hangat.  Narasumber pertama, dr. Muhammad Amin, SpMK ketua kajian strategis HELPS memaparkan fakta tentang infeksi HIV/AIDS dan bagaimana bahaya penyakit ini terhadap populasi dunia. Selain itu dia juga mengajak memandang masalah HIV/ AIDS bukan hanya sekedar masalah kesehatan, namun juga terkait dengan masalah-masalah sistemik yang lain. “Paling utama,” menurut beliau, “Masalah HIV/AIDS ini muncul dikarenakan liberalisasi yang merupakan akibat ideologi kapitalisme”

Narasumber kedua, ustadz Ja’far Abdullah menyampaikan bahwa Islam mempunyai perangkat aturan yang sempurna, termasuk dalam mengatur kesehatan. “Hanya sistem Islam yang memiliki seperangkat aturan yang lengkap dan sempurna yang memberikan solusi bagi pencegahan dan pengendalian infeksi HIV/AIDS” pungkas beliau

LEAVE A REPLY