Benarkah Hipokalemia Kambuhan?

0
1980

health.detik.com – Jakarta, Hipokalemia merupakan kondisi di mana kadar kalium dalam darah menurun dan kurang dari normal. Beda penyebab, beda pula pengobatannya. Namun benarkah jika kondisi ini bisa kambuh sewaktu-waktu?

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Ukrida, dr Marshell Tendean, DPCP, kondisi ini memang benar bisa berulang alias kambuh. Hanya saja, ini bergantung dari apa penyebab dari turunnya kalium dalam darah tersebut.

dr Marshell menjelaskan penyebab dari turunnya kadar kalium dalam darah ada beberapa, di antaranya karena suplai kalium memang terlalu sedikit. Ini biasanya terjadi ketika seseorang puasa atau diet terlalu ketat.

Hipokalemia juga bisa terjadi karena kalium berpindah tiba-tiba dari luar sel ke dalam sel. Ini biasanya karena faktor keasaman darah yang jadi basa atau penggunaan insulin. Turunnya kalium dalam darah juga bisa terjadi karena faktor genetik atau ada tumor di kelenjar anak ginjal.

Pengobatan yang diberikan pada dasarnya yakni bisa dengan pemberian suplemen, yakni untuk memenuhi kadar kalium dalam darah. “Hipokalemia ringan, yakni yang sifatnya sementara misal karena asupannya kurang, bisa diberi tambahan asupan kalium. Misalnya dari pisang atau suplemen,” ujar dr Marshell kepada detikHealth.

Jika hipokalemianya disebabkan oleh kondisi lain, misalnya karena gangguan genetik, maka pemberian suplemen bisa dilakukan seumur hidup. Namun jika hipokalemianya disebabkan karena tumor, maka tumor tersebut harus diangkat terlebih dahulu.

“Hipokalemia berulang, bisa banget. Cuma bergantung apa penyebabnya. Kalau karena ada penyakit genetik, gangguan hormon atau kelainan asam basa, bisa berulang. Jadi sedikit banyak harus tahu penyebabnya dulu,” tegas dr Marshell.

Sumber: https://health.detik.com/read/2017/07/11/135922/3555774/763/benarkah-hipokalemia-seperti-boni-hargens-kambuhan-ini-kata-dokter

LEAVE A REPLY