Reportase: HELPS Peduli Banjir Pasuruan

0
490

Pada hari Minggu, 29 Januari 2017, tim kesehatan HELP-S mengadakan bakti sosial dan pengobatan gratis untuk korban banjir di wilayah Karangasem, Kec. Kraton, Pasuruan. Daerah ini merupakan daerah paling terdampak banjir yang memang sering melanda Pasuruan. Seringkali ketika hujan deras, ketinggian air bisa mencapai 2-3 meter. Bahkan beberapa hari sebelumnya, warga terpaksa mengungsi ke jalan karena rumah mereka sudah terendam air.

Pada kegiatan kali ini tim kesehatan HELP-S diwakili oleh 2 orang dokter dan 7 orang perawat. Acara dimulai dengan penyuluhan kesehatan sekaligus tausiyah ideologis yang diadakan di musholla setempat. Warga terlihat sangat antusias, yang ditunjukkan oleh melubernya warga sampai ke luar musholla yg berkapasitas 100an orang tersebut. Ustadz penceramah menyoroti tentang tanggung jawab pemimpin dalam melayani rakyatnya yang terkena musibah, juga bagaimana agar warga tetap sabar saat dilanda ujian/musibah.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pengobatan gratis kepada warga. Rata-rata keluhan yang disampaikan adalah gatal-gatal dan juga penyakit kulit yang disebabkan oleh genangan air banjir. Hampir sebanyak 150 orang datang untuk berobat, bahkan setelah waktu yang disediakan telah usai, masih ada beberapa ibu yg meminta untuk diperiksa.

Setelah acara usai, tim kesehatan HELP-S pun berpamitan kepada perangkat desa setempat, yang berkali-kali mengucapkan terima kasih diiringi harapan agar di lain waktu wilayahnya bisa dikunjungi lagi oleh HELP-S.


LEAVE A REPLY